Strategi Pemasaran Bisnis Online Untuk Meningkatkan Penjualan
Karakteristik Pengguna Internet Dalam Belanja Online
![]() |
| www.clodeo.com |
Saat ini pengguna
internet terkonsentrasi diantara mereka yang berpendidikan, makmur dan muda
menjadikan pengguna internet semakin beragam. Analisis menyebutkan pengguna
internet berbelanja online dengan alasan yang berbeda. Perilaku pengguna
internet dalam belanja online terbilang cukup rumit misalnya 77% pengguna
internet di Amerika dengan usia diatas 14 tahun adalah pembeli yang benar benar
membeli sesuatu secara online. Sisanya sekitar 14% melakukan evaluasi produk
secara online atau browser tetapi membeli secara offline. Pentingnya penjelajahan
online untuk melakukan pembelian offline tidak bisa dianggap remeh meskupin
sulit secara tepat mengukur berapa pembelian offline yang terjadi karna pencarian
online.
Media cetak
surat kabar dan televisi sejauh ini merupakan media yang paling kuat unutuk
menjangkau dan melibatkan pengguna internet dengan informasi untuk produk baru
dan mengarahkan mereka ke internet dan web. Komunitas online dan blog juga
sangat berpengaruh tatapi tidak sekuat media surat kabar dan televisi.
Pedagang online
harus membangun informasi konten situs mereka unutk menarik pengguna internet
dalam mencari informasi, membangun konten untuk mendapatkan peringkat tinggi di
mesin pencari tidak hanya fokus di penjualan dan mempromosikan layanan dan
produk baru melalui media offline untuk mendukung toko online mereka.
Apa yang Dibeli Konsumen Online Indonesia?
![]() |
| www.suara.com |
Menurut hasil survey APJII 2018 produk pakaian adalah produk yang paling sering dibeli oleh pengguna internet di indonesia. Produk berikutnya adalah buku, aksesoris, tas dan barang elektronik.
Mengapa Pengguna Internet Tidak Melakukan Pembelian?
![]() |
| www.republika.co.id |
Salah satu faktor yang menyebabkan pengguna internet tidak melakukan pembelian secara online adalah faktor kepercayaan. Adanya ketakutan pembelian online mudah untuk ditipu, kehilangan informasi kartu kredit, kebocoran informasi, dan adanya iklan email yang mengganggu. Faktor lainnya adalah kerumitan seperti biaya pengiriman, pengembalian, dan ketidak mampuan untuk menyentuh dan merasakan produk.
Internet Marketing VS Traditional Marketing
![]() |
| www.ginee.com |
Internet marketing
memiliki persamaan juga perbedaan dengan traditional marketing. Tujuan internet
marketing adalah untuk membangun hubungan pelanggan sehingga bisnis mencapai
pengembalian diatas rata rata. Hal itu dapat dicapai dengan menawarkan produk
dan mengkomunikasikan fitur merk pada pengguna internet. Hubungan ini menjadi
dasar pengembangan merk perusahaan.
Selanjutnya internet
marketing juga berbada dari traditional marketing karna sifat medium dan kemampuannya
sangat berbada dari apapun yang ada sebelumnya.
Terdapat empat
fitur internet marketing yang membedakannya dengan traditional marketing.
Dibandingkan dengan pemasaan cetak dan televisi tradisional internet marketing
dapat lebih di personalisasi, partisipasi, peer to peer dan lebih komunal.
Tidak semua internet marketing memiliki fitur ini misalnya tidak ada perbadaan
yang signifikan ketika sebuah video pemasaran muncul di di layar komputer tanpa
persetujuan dengan ketika menonton ikln televisi yang terpaksa kita lihat.
Namun disisi lain video pemasaran yang sama dapat ditargetkan sesuai dengan
minat pribadi dan memungkinkan dibagikan dengan orang lain dengan tombol like.
Pentingnya Website
![]() |
| katadata.co.id |
Situs website sebuah bisnis adalah alat utama untuk membangun hubungan dengan pengguna internet yang sangat penting. Situs web memiliki fungsi penting yaitu membangun identitas merk dan harapan konsumen, menginformasikan dan mendidik konsumen, membentuk pengalaman belanja untuk konsumen, dan jangkar merk bagi berbagai pesan pemasaran yang datang dari berbagai sumber. Situs web adalah satu satunya dimana mencari berita lengkap yang tidak dpat diperoleh pada iklan aplikasi, email, atau mesin pencari.



.jpg)
.jpg)
Komentar
Posting Komentar