Strategi Pemasaran Bisnis Online Untuk Meningkatkan Penjualan

Konten [Tampil]

Karakteristik Pengguna Internet Dalam Belanja Online

www.clodeo.com


Saat ini pengguna internet terkonsentrasi diantara mereka yang berpendidikan, makmur dan muda menjadikan pengguna internet semakin beragam. Analisis menyebutkan pengguna internet berbelanja online dengan alasan yang berbeda. Perilaku pengguna internet dalam belanja online terbilang cukup rumit misalnya 77% pengguna internet di Amerika dengan usia diatas 14 tahun adalah pembeli yang benar benar membeli sesuatu secara online. Sisanya sekitar 14% melakukan evaluasi produk secara online atau browser tetapi membeli secara offline. Pentingnya penjelajahan online untuk melakukan pembelian offline tidak bisa dianggap remeh meskupin sulit secara tepat mengukur berapa pembelian offline yang terjadi karna pencarian online.

Media cetak surat kabar dan televisi sejauh ini merupakan media yang paling kuat unutuk menjangkau dan melibatkan pengguna internet dengan informasi untuk produk baru dan mengarahkan mereka ke internet dan web. Komunitas online dan blog juga sangat berpengaruh tatapi tidak sekuat media surat kabar dan televisi.

Pedagang online harus membangun informasi konten situs mereka unutk menarik pengguna internet dalam mencari informasi, membangun konten untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari tidak hanya fokus di penjualan dan mempromosikan layanan dan produk baru melalui media offline untuk mendukung toko online mereka.

Apa yang Dibeli Konsumen Online Indonesia?

www.suara.com

Menurut hasil survey APJII 2018 produk pakaian adalah produk yang paling sering dibeli oleh pengguna internet di indonesia. Produk berikutnya adalah buku, aksesoris, tas dan barang elektronik.

Mengapa Pengguna Internet Tidak Melakukan Pembelian?

www.republika.co.id

Salah satu faktor yang menyebabkan pengguna internet tidak melakukan pembelian secara online adalah faktor kepercayaan. Adanya ketakutan pembelian online mudah untuk ditipu, kehilangan informasi kartu kredit, kebocoran informasi, dan adanya iklan email yang mengganggu. Faktor lainnya adalah kerumitan seperti biaya pengiriman, pengembalian, dan ketidak mampuan untuk menyentuh dan merasakan produk.

Internet Marketing VS Traditional Marketing

www.ginee.com

Internet marketing memiliki persamaan juga perbedaan dengan traditional marketing. Tujuan internet marketing adalah untuk membangun hubungan pelanggan sehingga bisnis mencapai pengembalian diatas rata rata. Hal itu dapat dicapai dengan menawarkan produk dan mengkomunikasikan fitur merk pada pengguna internet. Hubungan ini menjadi dasar pengembangan merk perusahaan.

Selanjutnya internet marketing juga berbada dari traditional marketing karna sifat medium dan kemampuannya sangat berbada dari apapun yang ada sebelumnya.

Terdapat empat fitur internet marketing yang membedakannya dengan traditional marketing. Dibandingkan dengan pemasaan cetak dan televisi tradisional internet marketing dapat lebih di personalisasi, partisipasi, peer to peer dan lebih komunal. Tidak semua internet marketing memiliki fitur ini misalnya tidak ada perbadaan yang signifikan ketika sebuah video pemasaran muncul di di layar komputer tanpa persetujuan dengan ketika menonton ikln televisi yang terpaksa kita lihat. Namun disisi lain video pemasaran yang sama dapat ditargetkan sesuai dengan minat pribadi dan memungkinkan dibagikan dengan orang lain dengan tombol like.


Pentingnya Website

katadata.co.id


Situs website sebuah bisnis adalah alat utama untuk membangun hubungan dengan pengguna internet yang sangat penting. Situs web memiliki fungsi penting yaitu membangun identitas merk dan harapan konsumen, menginformasikan dan mendidik konsumen, membentuk pengalaman belanja untuk konsumen, dan jangkar merk bagi berbagai pesan pemasaran yang datang dari berbagai sumber. Situs web adalah satu satunya dimana mencari berita lengkap yang tidak dpat diperoleh pada iklan aplikasi, email, atau mesin pencari.


f

Komentar